Matriks BCG adalah matriks yang digunakan oleh perusahaan besar untuk memutuskan rasio di mana sumber daya dialokasikan di antara berbagai segmen bisnis. Mirip dengan ini, matriks GE juga membantu perusahaan menentukan strategi mereka sehubungan dengan lini produk yang berbeda, yaitu produk yang harus mereka tambahkan dalam berbagai produk yang ditawarkan oleh mereka dan di mana peluang perusahaan harus berinvestasi.

Matriks BCG dan matriks GE adalah model dua dimensi, yang digunakan oleh rumah bisnis besar, memiliki beberapa lini produk dan unit bisnis. Yang terakhir dikembangkan sebagai perbaikan dari yang pertama, dan dengan demikian mengatasi banyak keterbatasan. Kutipan artikel ini akan membantu Anda memahami perbedaan antara matriks BCG dan GE, baca.

Grafik perbandingan

Dasar untuk Perbandingan Matriks BCG Matriks GE
Berarti BCG Martrix, adalah model pangsa pertumbuhan, mewakili pertumbuhan bisnis dan pangsa pasar yang dinikmati oleh perusahaan. GE Matrix menyiratkan matriks portofolio multifaktor, yang membantu perusahaan dalam membuat pilihan strategis untuk lini produk berdasarkan posisi mereka di filigree.
Jumlah sel Empat Sembilan
Faktor-faktor Pangsa pasar dan pertumbuhan pasar Daya tarik industri dan kekuatan Bisnis
Objektif Untuk membantu perusahaan menyebarkan sumber daya mereka di antara berbagai unit of measurement bisnis. Memprioritaskan investasi di antara berbagai unit bisnis.
Ukuran yang digunakan Ukuran tunggal digunakan. Berbagai langkah digunakan.
Klasifikasi Dikelompokkan menjadi dua derajat Dikelompokkan menjadi tiga derajat

Definisi BCG Matrix

BCG Matrix atau dikenal sebagai matriks pangsa pertumbuhan Boston Consulting Group digunakan untuk mewakili portofolio investasi perusahaan.

Perusahaan besar biasanya menghadapi masalah dalam mengalokasikan sumber daya di antara berbagai unit of measurement dan lini produk. Untuk mengatasi masalah ini, pada tahun 1970, Bruce Henderson merancang matriks untuk Grup yang disebut sebagai matriks BCG. Ini didasarkan pada dua faktor yaitu:

  • Tingkat pertumbuhan pasar produk.
  • Pangsa pasar dipegang oleh perusahaan di pasar masing-masing, dibandingkan dengan pesaingnya.

BCG Matrix membantu korporasi dalam menganalisis lini produk atau unit bisnis, untuk memprioritaskan mereka dan mengalokasikan sumber daya. Model ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah penyebaran sumber daya, di antara berbagai segmen bisnis. Dalam pendekatan ini, berbagai bisnis perusahaan diklasifikasikan pada jaringan dua dimensi.

BCG - Matriks Bagi Pertumbuhan

  • Sumbu vertikal menunjukkan tingkat pertumbuhan pasar, yang merupakan ukuran seberapa menarik pasar itu?
  • Sumbu horizontal menunjukkan pangsa pasar relatif, yang merupakan indikator seberapa kuat posisi perusahaan?

Dengan bantuan matriks ini, perusahaan dapat memastikan empat jenis unit bisnis strategis atau produk sebagai berikut:

  • Bintang : Ini mewakili produk-produk yang tumbuh pada tingkat yang lebih cepat dan membutuhkan investasi besar untuk mempertahankan posisi mereka di pasar.
  • Sapi Tunai : Produk yang pertumbuhannya rendah tetapi memiliki pangsa pasar yang tinggi. Mereka menuai banyak uang tunai untuk perusahaan dan tidak memerlukan dana untuk ekspansi.
  • Tanda Tanya : Ini menunjukkan produk-produk yang memiliki pangsa pasar rendah di pasar pertumbuhan tinggi dan karenanya membutuhkan investasi besar untuk menahan bagiannya di pasar, tetapi tidak menghasilkan uang tunai dalam proporsi yang sama.
  • Anjing : Anjing mewakili produk-produk itu, yang tidak memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi atau pangsa pasar yang tinggi. Produk semacam itu menghasilkan uang tunai yang cukup untuk mempertahankan diri mereka tetapi tidak akan bertahan dalam jangka panjang.

Definisi GE Matrix

Matriks GE, bergantian dikenal sebagai Full general Electric Model adalah matriks perencanaan bisnis . Model ini terinspirasi oleh lampu lalu lintas yang digunakan untuk mengatur lalu lintas di persimpangan, di mana lampu hijau mengatakan pergi, kuning mengatakan hati-hati dan Red mengatakan berhenti.

Matriks terdiri dari sembilan sel, dengan dua dimensi utama, yaitu kekuatan bisnis dan daya tarik industri . Kekuatan bisnis dipengaruhi oleh pangsa pasar, citra merek, margin keuntungan, loyalitas pelanggan, kemampuan teknologi, dan sebagainya. Di sisi lain, daya tarik industri dipengaruhi oleh penggerak seperti tren penetapan harga, skala ekonomi, ukuran pasar, tingkat pertumbuhan pasar, segmentasi, struktur distribusi, dll.

GE - Matriks portofolio

Ketika berbagai lini produk atau unit bisnis digambar dalam matriks, pilihan strategis dapat dibuat, berdasarkan posisi mereka dalam matriks. Produk yang jatuh ke bagian hijau mencerminkan bisnis berada di posisi yang baik, tetapi produk yang berada di bagian kuning memerlukan keputusan manajerial untuk membuat pilihan dan produk di zona merah, berbahaya karena akan menyebabkan perusahaan merugi.

Perbedaan Kunci Antara Matriks BCG dan GE

Poin-poin yang digambarkan di bawah ini, menguraikan perbedaan mendasar antara matriks BCG dan GE:

  1. Matriks BCG dapat dipahami sebagai model pertumbuhan-pangsa, yang mencerminkan pertumbuhan bisnis dan pangsa pasar yang dimiliki oleh perusahaan. Di sisi lain, matriks GE juga disebut sebagai matriks portofolio multifaktor, yang digunakan bisnis dalam membuat pilihan strategis untuk lini produk atau unit bisnis berdasarkan posisi mereka di filigree.
  2. Matriks BCG lebih sederhana dibandingkan dengan matriks GE, karena yang pertama mudah untuk menggambar dan hanya terdiri dari empat sel, sedangkan yang terakhir terdiri dari sembilan sel.
  3. Dua dimensi yang menjadi dasar matriks BCG adalah pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Sebaliknya, daya tarik industri dan kekuatan bisnis adalah dua faktor matriks GE.
  4. Matriks BCG digunakan oleh perusahaan untuk menyebarkan sumber daya mereka di antara berbagai unit of measurement bisnis. Sebaliknya, perusahaan menggunakan matriks GE untuk memprioritaskan investasi di antara berbagai unit bisnis.
  5. Dalam matriks BCG hanya ukuran tunggal yang digunakan, sedangkan dalam matriks GE beberapa ukuran digunakan.
  6. Matriks BCG mewakili dua tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar, yaitu tinggi dan rendah. Sebaliknya, dalam matriks GE ada tiga tingkat kekuatan bisnis, yaitu kuat, rata-rata dan lemah, dan daya tarik industri, tinggi, sedang dan rendah.

Kesimpulan

Singkatnya, kita dapat mengatakan bahwa kedua model itu serupa, tetapi memiliki beberapa perbedaan yang tidak dapat diabaikan. Sementara matriks BCG lebih mudah untuk direncanakan dan lebih mudah dipahami, matriks GE agak sulit untuk digambarkan dan ditafsirkan. Namun, itu bebas dari batasan tertentu dari matriks BCG.